Kecepatan Maksimal Mobil F1

Kecepatan Maksimal Mobil F1
Mobil F1 melaju cepat
Membicarakan tentang balapan mobil F1 biasanya tidak akan lepas dari pembicaraan masalah kecepatan jet darat ini. Ajang perlombaan kecepatan mobil F1 tergolong balapan tercepat di dunia, seandainya ada balapan kecepatan pesawat tempur pastinya akan lebih seru lagi ya. Berdasarkan informasi yang di dapat bahwa rata-rata kecepatan mobil F1 pada tahun 2004 adalah 315km/jam, ditahun 2005 dan 2006 menurun 310km/jam. Kenapa bisa menurun ya, padahal teknologi otomotif selalu mengalami peningkatan? Alasan mengapa mobil F1 menurun kecepatannya karena ada regulasi dari panitian F1 yaitu FIA Formula One World Championship untuk menurunkan kecepatan demi keamanan pemabalap.

Kembali mebicarakan kecepatan mobil maksimal F1, rekor dunia top speed yang pernah tercatat ditahun 2016 adalah 330,8km/jam oleh tim F1 dari Force India. Bisa dibayangkankan ya jika kita naik mobil biasa dengan kecepatan seperti itu bisa-bisa terlempar dari jalanan. 

Sebenarnya kecepatan maksimal dari mobil F1 bisa lebih cepat lagi seperti pada tahun 2004 di Grand Prix Italia pembalap BMW Williams F1 Antônio Pizzonia mencapai record top speed 369.9 km/jam.

Pertanyaannya sekarang kenapa mobil F1 bisa secepat itu? Tekonologi yang semakin maju menjadikan mobil F1 bisa melaju dengan cepat, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan mobil adalah downforce yang mampu mengurangi hantaman tekanan udara pada mobil. Sebenarnya kecepatan mobil F1 bisa saja di tingkatkan lagi hingga lebih dari 400km/jam hanya saja akan sangat membahayakan pembalap karena mobil bisa saja terhempas keluar jalur dan beresiko tinggi.

Walaupun demikian uji coba melesatkan mobil F1 pada kecepatan 400 km pernah dilakukan oleh Tim Bar Honda yang mampu memecahkan rekor tercepat yakni 413km/jam, hanya saja yang cukup disayangkan rekor ini tidak di akui oleh FIA karena uji kecepatan ini dilakukan di padang Bonneville Salt Flats (dataran luas dari garam), dan juga mobil ditambahi alat yang mebuat mobil tetap menempel di tanah. Karena logikanya jika mobil F1 standard bila melaju dengan kecepatan 400km/jam bisa terangkat keudara karena tekanan yang kuat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kecepatan Maksimal Mobil F1

0 comments:

Posting Komentar