Cara Menghilangkan Bau Pesing di Mobil

Cara Menghilangkan Bau Pesing di Mobil

Bau pesing atau pada umumnya bau tidak sedap pada mobil sering membuat orang yang mengendarainya terganggu dan merasa tidak nyaman, terkadang bisa sampai membuat mual dan muntah. 

Bau ini muncul karena beberapa sebab, seperti terkena air kencing (ompol) bayi dan hewan peliharaan. Selain itu, tumpahan makanan dan minuman yang mempunyai bau tajam juga dapat menimbulkan bau pesing, seperti rebung (bambu muda) jika Anda selesai berbelanja atau dibawakan oleh-oleh dari kampung. 

Jika penyebab-penyebab tersebut tidak segera dibersihkan, maka dapat mengganggu pengendara mobil bahkan bisa merusak mood pengendara karena ketidaknyamanan. Oleh karena itu, bau tidak sedap pada mobil harus segera dibersihkan dan dihilangkan. Adapaun beberapa tips membersihkannya dijelaskan di bawah ini.

1. Bau Pesing atau Tidak Sedap karena Air Kencing (Ompol) Bayi
Bayi yang sudah bisa duduk biasanya sudah diperbolehkan untuk duduk sendiri di dalam mobil dengan bantuan jok khusus bayi atau duduk dengan cara dipegangi oleh orang di dekat bayi tersebut. 

Pada umumnya bayi pada jaman sekarang mengenakan pampers untuk menghindari ngompol di mobil atau di tempat lain. Namun, terkadang pampers tersebut sudah penuh atau posisi pemakaiannya tidak pas, sehingga membuat bayi masih mengompol. 

Jika bayi sudah mengompol, pastinya akan membuat mobil kotor bahkan bisa muncul bau pesing pada mobil. Hal seperti ini akan membuat pengendara mobil tidak nyaman dan ingin segera membersihkannya.

Cara paling mudah memang membawanya ke carwash agar dibersihkan oleh para pegawai pencuci mobil. Namun, terkadang bau pesing tersebut masih tercium setelah wangi sabun hilang sehingga membuat Anda kurang puas. 

Ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda coba di rumah untuk menghilangkan bau pesing tersebut. Selain menambah pengalaman Anda dalam membersihkan mobil, tentunya bisa membuat Anda bisa lebih hemat karena bahan-bahan yang digunakan sangatlah sederhana, murah, dan mudah ditemui di toko sekitar Anda. 

Berikut beberapa tips menghilangkan bau pesing pada mobil yang disebabkan oleh ompol bayi.

a. Gunakan Alkohol 70%
Cara menghilangkan bau pesing pada mobil dengan menggunakan alkohol 70% yaitu tuangkan atau semprotkan alkohol 70% pada bagian mobil yang terkena ompol atau air kencing. Ambil handuk kering atau kain kering yang bersih, lalu tekan-tekankan pada bagian yang terkena ompol yang sudah diberi alkohol 70%. Jika bagian mobil tersebut bisa dilepas, alangkah baiknya dilepas kemudian dijemur di bawah sinar matahari agar cepat kering.

b. Gunakan Tepung Maizena atau Kopi
Tepung maizena atau kopi merupakan bahan dapur yang sangat mudah didapatkan di toko kelontong sekitar Anda. Tepung maizena dan kopi tidak hanya untuk membuat makanan dan minuman, tetapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau pesing pada mobil. 

Caranya pun sangat mudah. Cukup taburkan tepung maizena atau kopi (pilih salah satu saja) di bagian mobil yang terkena ompol, lalu diamkan sebentar. Setelah itu, bersihkan dengan handuk atau kain bersih yang sudah dibasahi.

c. Gunakan Soda Kue dan Cuka
Soda kue ternyata juga bisa untuk menghilangkan bau pesing. Campur soda kue dengan air bersih secukupnya, aduk hingga rata. Tuangkan atau semprotkan larutan soda kue tersebut pada bagian mobil yang terkena ompol. 

Setelah itu, tuangkan cuka di atasnya hingga merata. Gunakan handuk atau kain bersih dan basah untuk mengelap bagian yang sudah dituangi soda kue dan cuka. Bau cuka yang asam tidak akan langsung hilang. Bersabarlah sekitar satu sampai tiga hari, bau cuka dan bau pesing akan sama-sama menghilang.

d. Gunakan Obat Kumur yang Tidak Bewarna (Bening)
Langkah penggunaan obat kumur untuk menghilangkan bau pesing hampir sama dengan menggunakan soda kue. Campurkan obat kumur dengan air secukupnya, lalu tuangkan atau semprotkan larutan tersebut pada bagian yang terkena ompol. Setelah itu, gunakan handuk atau kain yang bersih untuk mengelap ompol yang sudah diberi larutan obat kumur tersebut.

2. Bau Pesing atau Tidak Sedap karena Air Kencing Hewan Peliharaan
Hewan peliharaan terkadang diizinkan masuk ke dalam mobil pemiliknya tanpa menggunakan kandang, seperti anjing dan kucing. Terkadang pula hewan peliharaan pipis (kencing) di dalam mobil dengan tiba-tiba tanpa sepengetahuan kita, sehingga menimbulkan bau pesing. 

Pastinya bau ini akan sangat mengganggu dan membuat mobil menjadi kotor, apalagi tercampur dengan bakteri atau kuman dari air kencing tersebut.

Cara menghilangkan bau pesing karena air kencing hewan peliharaan sebenarnya hampir sama dengan ompol (air kencing) bayi. Namun, pemberian bahan-bahan seperti soda kue, tepung maizena, cuka, alkohol 70%, dan obat kumur tidak bewarna (bening) perlu didiamkan selama berjam-jam bahkan sehari semalam untuk mencapai hasil yang maksimal, karena bau pesing hewan peliharaan biasanya lebih menyengat. 

Selain itu, di petshop biasanya disediakan cairan yang digunakan untuk menghilangkan bau pada hewan peliharaan yang sudah tercampur dengan zat-zat untuk membunuh kuman dan bakteri. Setelah diberi bahan-bahan tersebut, bersihkan dengan handuk atau kain bewarna putih (untuk menghindari luntur) yang sudah dibasahi.

3. Bau Pesing atau Tidak Sedap karena Makanan atau Minuman yang Berbau Tajam
Beberapa makanan atau minuman memiliki bau menyengat yang jika tumpah di dalam mobil dikhawatirkan dapat memunculkan bau pesing atau tidak sedap. 

Cara menghilangkannya cukup mudah, yaitu sama dengan menghilangkan bau pesing karena air kencing bayi dan peliharaan. Jika menginginkan hasil yang maksimal, silahkan didiamkan selama beberapa jam atau sehari semalam.

Itulah beberapa tips membersihkan dan menghilangkan bau pesing atau tidak sedap pada mobil. Bahan-bahan yang digunakan banyak yang terjual bebas di supermarket bahkan di toko kelontong di sekitar rumah Anda. 

Jika bagian mobil yang pesing sudah Anda bersihkan, sebaiknya gunakan kembali pewangi mobil dengan aroma yang sesuai selera Anda untuk menjaga agar udara dalam mobil tetap fresh dan wangi.

Semoga tips-tips sederhana tersebut bisa membantu Anda mengatasi permasalahan bau pesing atau tidak sedap pada mobil. Let’s try at home and good luck.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Bau Pesing di Mobil

0 comments:

Poskan Komentar