Harga Sebuah Mobil F1 Mencapai Ratusan Miliar

Tahukah Anda bahwa sebuh mobil F1 jauh lebih mahal dari pada mobil sport yang ada di dunia. Jika mobil sport sekelas lamborgini dan ferrari yang dibeli artis tekenal atau pengusaha kaya yang sering kita lihat di TV belum bisa membandingi biaya pembuatan satu unit mobil F1.

Harga Sebuah Mobil F1 Mencapai Ratusan Miliar
Mobil F1 Red Bull pic: redbullracing.com

Anda pernah mendengar mobil Lykan Hypersport yang dibandrol $ 3,4 juta atau setara dengan Rp 43.6 milyar ternyata lebih mahal mobil F1 yang saat ini digunakan oleh para juara pembalap dunia. Tahukah Anda bahwa satu setir mobil canggih pada mobil F1 bisa lebih mahal dari pada mobil mewah keluarga yang laris di Indonesia. Bagaimana tidak, karena satu setir ini di bandrol hingga 2 milyar rupiah.  Setirnya saja 2 M gimana dengan seluruh komponen mobilnya ya? 

Oke kita akan langsung masuk pada total biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah tim F1 dalam memproduksi 1 unit mobil F1 yang super cepat, yang saya kutip dari detik sport :

Harga Komponen Mobil F1 
Mesin : Rp 102 miliar
Carbon fibre monocoque : Rp 8,5 miliar
Sayap depan dan hidung : Rp 2,1 miliar
Sayap belakang & peralatan DRS : Rp 1,5 miliar
Setir : Rp 656,1 juta
Tanki dan saluran bahan bakar : Rp 1,4 miliar
Hydraulics : Rp 2,1 miliar
Girboks : Rp 6,3 miliar
Sistem pendingin : Rp 2,1 miliar

Dari data di atas bila ditotal mencapai 126, 456 milyar, woww itu hanya komponenya saja, belum biaya perakitan dan uji coba. Jika Anda teliti, pada komponen diatas masih ada yang belum lengkap mengingat belum disebutkannya monitor, tempat duduk pembalap dan komponen lain yang menunjang. 

Sebagai perbandingan, Red Bull Racing menghabiskan anggaran US$ 270,2 juta (sekitar Rp 3,545 triliun) di sepanjang tahun. Jika dirata-rata maka tim asal Austria itu menggelontorkan US$13,5 juta (sekitar Rp 177,16 miliar) untuk setiap seri balapan. Karena teknologi yang terus berkembang dan tuntutan persaingan yang semakin tinggi, angka tersebut terus bertambah dari tahun ke tahun.

Bayangkan saja saat Red Bull Racing menjuarai perlombaan F1 tahun 2012 anggaran yang dihabiskan mencapai US$ 270,2 juta atau setara dengan Rp. 3,545 triliun di sepanjang tahun. Jika kita hitung-hitung anggaran rata-rata tim F1 asal Australia ini mengeluarkan US$ 13, 5 juta / Rp. 122,16 milyar untuk setiap seri balapannya. 

Kenapa bisa semahal itu? Karena tuntutan teknologi yang harus lebih maju dan persaingan yang semakin ketat. serta akan diperkirakan anggaran akan selalu lebih tinggi setiap tahunnya.

Coba Anda bayangkan bila dalam balapan terjadi kecelakaan sehingga tunggangan mewah dan berkelas ini hancur? Berapa kerugian yang harus dialami tim F1, pastinya tidak akan sedikit mengingat biaya pembuatan 1 unitnya saja hampir 1 triliun rupiah. 

Kecelakaan mobil F1 pic : skysports.com

Selain itu bukan hanya kerugian material saja, tetapi bagaimana kondisi pembalap bila terjadi kecelakaan yang besar karena ini menyangkut nyawa, apa lagi bila kecelakaan terjadi menggunakan mobil F1 dalam keadaan melaju cepat pastinya benturanpun akan sangat kuat. 

Rata-rat mobil F1 yang mengalami kecelakaan/bukan tergelincir akan mengalmi rusak yang sangat parah. Namun walaupun demikian banyak pembalap yang selamat dari insiden ini, karena mobil F1 memiliki sistem keamanan yang baik untuk pembalapnya. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Harga Sebuah Mobil F1 Mencapai Ratusan Miliar

0 comments:

Posting Komentar